Sabtu, 23 Juni 2012

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Perawatan rambut yang salah atau berlebihan justru bisa jadi penyebab rambut rontok berlebihan. Begitu pula dengan gaya hidup yang salah, bisa menjadi rambut anda rontok. Rambut rontok yang berlebihan bisa mengakibatkan rambut anda menjadi botak. Lalu bagaimana menghindari kebiasaan yang dapat membuat rambut anda rontok? Ada 3 faktor yang membuat kerontokan rambut berlebihan, berikut beberapa faktor penyebab rambut rontok berlebihan.
Faktor penyakit / penggunaan obat
·      Kulit kepala yang terinfeksi jamur.
·      Menderita penyakit seperti tipes, diabetes atau penyakit hingga operasi besar. Namun penyebab kerontokan tersebut bersifat sementara.
·   Penggunaan obat yang mengandung antidepresan, kontrasepsi, asam urat, obat jantung dan sejenisnya.
·      Perubahan kadar hormon, seperti kehamilan, nifas, setelah melahirkan. Kerontokan rambut yang disebabkan perubahan kadar hormon bersifat sementara.
·   Kebiasaan gaya hidup yang salah seperti insomnia atau susah tidur, kurang istirahat, stres, konsumsi alkohol, merokok dan sebagainya.
Faktor makanan / minuman
·      Soft drink
Konsumsi soft drink juga dapat mengakibatkan kerusakan rambut, karena kandungan bahan pengawetnya.
·      Lemak jenuh
Makan makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan obesitas dalam tubuh. Selain tidak baik untuk kesehatan, lemak jenuh bisa menyebabkan rambut berminyak kemudian berketombe.
·      Gula
Mengkonsunsi gula setiap hari (berlebihan) selain menyebabkan penyakit diabetes, gula juga dapat membuat rambut rontok. Karena gula dapat meningkatkan adrenal. Dengan meningkatnya adrenal, tubuh memproduksi androgen lebih tinggi sehingga menyebabkan penurunan androgenic rambut.
·      Garam
Mengkonsumsi garam yang berlebihan dapat menghambat produksi hormone tiroid yang menyebabkan hipotiroidisme dan kerontokan rambut. Selain itu, garam juga bisa mengakibatkan penyakit hipertensi.
·      Nutrisi
Sama halnya seperti tubuh, rambut juga membutuhkan vitamin atau gizi yang cukup untuk menjaga keseimbangan nutrisi pada rambut. Kurangnya nutrisi rambut bisa mengakibatkan rambut kering.
Faktor perawatan rambut
·      Shampoo dan conditioner
Penggunaan shampo yang tidak cocok dengan rambut anda bisa mengakibatkan rambut kering, rontok dan berketombe. Gonta ganti jenis shampoo juga bisa mengalami hal serupa. Saat menggunakan conditioner jangan lebih dari 15 menit, karena beberapa conditioner mengandung protein yang membentuk rantai. Begitupun dengan sampo.
·      Keramas setiap hari
Keramas setiap hari membuat kelenjar sebum memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini membuat rambut rontok, kering dan berminyak. Kelenjar sebum adalah minyak yang berfungsi melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembabab rambut.
·      Alat pengering dan pelurus rambut
Terlalu sering menggunakan hair dryer dan catok rambut dapat membuat rambut anda menjadi kering dan mudah rontok karena panas yang dihasilkan dari alat tersebut. Sebelum menggunakan alat tersebut, sebaiknya gunakan pelembab atau vitamin rambut.
·      Menyisir rambut basah
Kondisi rambut paling rapuh adalah saat rambut kita dalam keadaan basah. Akar rambut mudah rapuh saat kondisi basah dan jika disisir mudah rontok. Sebaiknya keringkan dahulu dan gunakan sisir bergigi jarang.
·      Ikat rambut
Mengikat rambut saat tidur dan kondisi rambut basah memicu timbulnya jamur karena lembab. Jika dibiarkan terlalu sering bisa mengakibatkan infeksi pada kulit kepala.
Demikian penjelasan tentang penyebab kerontokan rambut, semoga menambah wawasan anda mengenai masalah rambut. Jika anda ingin konsultasi masalah rambut bisa datang langsung ke klinik perawatan rambut NABIT. Konsultasi masalah rambut gratis. Kami juga menjual produk shampo dan tonik rambut serta perawatan untuk berbagai masalah rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar