Sabtu, 23 Juni 2012

Make it Yummy !

Buat kalian yang kurang suka sama sayuran mungkin resep berikut ini bisa membantu. Seperti kita tahu bahwa sayuran mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh kita. Walaupun terbuat dari sayuran, lasagna bayam kali ini dijamin sehat dan enak dengan lasagna isi daging pada umumnya. Masih belum percaya ? coba buat sendiri deh ....
Bahan :
8 lembar lasagna
Air untuk merebus
1 sdt minyak goreng
Keju parmesan parut untuk taburan

Isi :
2 sdm minyak zaitun
1 siung bawang putih, cincang
100 g bawang bombai, cincang
500 g daun bayam, cincang
125 ml krim kental
2 sdm tepung terigu
200 ml air
½ sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano kering
¼ sdt basil kering
2 sdt gula pasir

Saus Keju :
50 g mentega
50 g  tepung terigu
600 ml susu cair
125 g keju parut
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk

Cara membuat :
1.   Isi : panaskan minyak zaitun, tumis bawanng putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan bayam, aduk hingga rata. Tambahkan tepung terigu, air, garam, merica, oregano, basil dan gula pasir. Aduk hingga matang dan cairan mengental, lalu angkat.
2.  Saus Keju : lelehkan mentega di dalam wajan, masukkan terigu, tuang susu sambil diaduk diatas api kecil hingga licin. Tambahkan keju, merica dan pala. Aduk rat, angkatt, sisihkan.
3.  Didihkan air dalam wajan bersama minyak goreng (api janngan terlalu besar), masukkan lasagna secara bertahap. Rebus selama 7-10 menit (sesuai petunjuk dalam kemasan), angkat lalu tiriskan. Rendam lasagna dengan air dingin dalam wadah datar agar tidak melekat.
4.   Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius. Olesi pinggan atau loyang tahan panas dengan sedikit mentega. Ambil selembar lasagna di atas pinggan. Taruh 3 sdm adonan isi diatasnya. Lakukan hingga adonan abis.
5.  Tuang adonan saus diatsnya, ratkan lalu taburi keju parut. Masukkan pinggan kedalam oven. Panggang selama 20 menit sampai matang, angkat. Sajikan selagi hangat.
*Untuk 4 porsi
Sumber : Majalah GADIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar