Sabtu, 23 Juni 2012

Hitung Berat Ideal

Acara menimbang berat badan terkadang menjadi sesuatu yang horor terutama bagi para wanita. Entah takut kekurangan berat badan atau yang lebih sering karena takut gemuk alias kelebihan berat badan. Berat badan memang memiliki banyak pengaruh dan hubungan ke tubuh kita. Salah satunya adalah penyakit.  Oleh karena itu, patikan kita mengetahui berat badan ideal kita supaya penyakit malas untuk mampir di tubuh kita. Berikut ini langkah-langkahnya :
1.      Timbang berat badan kita ( dalam kilogram)
2.      Ukur tinggi badan ( dalam meter)
3.      Setelah itu, cari tahu berat badan ideal dengan rumus ( Body Mass Index “BMI” ) yang digunakan oleh World Health Organization (WHO).
Rumusnya :
    BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan )
4.      Jika nilai BMI sudah didapat, cocokan dengan kategori berikut ini :
Nilai BMI < 18,5           = Berat badan kurang
Nilai BMI 18,5 – 22,9    = Normal
Nilai BMI 23 – 24,9       = Normal cenderung gemuk
Nilai BMI 25,0             = Gemuk
Nilai BMI > 30,0          = Sangat gemuk
   
Contohnya :
Berat badan Chika adalh 60kg dengan tinggi badan 1,69 m. Jadi BMI-nya adalah 60 / (1,69 x 1,69) = 21,01. Dengan nilai BMI 21,01 berat badan Chika termasuk normal.
5.      Kita juga bisa tau berat badan ideal kita lewat internet loh. Coba saja di www.tanyadokter.com. Menghitung berat badan ideal jadi lebih mudah karena kita tinggal memasukkan berat dan tinggi badan kita. Selanjutnya, langsung tekan enter dan situs tersebut akan memberi tahu nilai BMI kita. Praktis bukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar