Selasa, 08 Mei 2012

Mari Berhemat !!!!!


HEMAT! Sepertinya kata yang satu ini sering kita ucapkan saat keuangan mulai tiris, dan pastinya kalian setuju bahwa berhemat merupakan hal yang sulit untuk dilakukan *hehe. Boro-boro untuk berhemat dan menyisikan sedikit uang untuk ditabung, uang yang kita punya saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita. Sehingga muncul masalah keuangan yang dapat mempengaruhi fisik dan mental. Gak oke banget kan stress gara-gara uang ..

Berikut enam cara sederhana untuk menurunkan stres , dengan membuat beberapa perubahan sederhana yang bisa dilakukan agar bisa berhemat dan menabung, seperti dikutip dari She Knows:

1. Jual barang-barang lama

bikin garage sale merupakan alternative yang baik dengan menjual barang-barang lama kita yang masih layak digunakan dan bernilai jual . Untuk barang yang dijual dengan harga yang signifikan, kita bisa menjualnya melalui kaskus, tokobagus atau eBay. Menjual barang-barang lama yang sudah tidak digunakan lagi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang yang lebih, sehingga kita dapat menyisihkan uang untuk ditabung.

2. Membuat anggaran belanja

Membuat anggaran belanja merupakan cara yang sederhana bagaimana menghabiskan uang  dengan lebih disiplin. Pengeluaran yang kita keluarkan akan terlihat lebih jelass, sehingga nantinya kita tidak perlu terlibat hutang dan dapat menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk ditabung atau jalan-jalan bersama teman, sahabat atau pacar :)

3. Membuat catatan belanjaan

Ketika  ingin pergi ke mal atau ke supermarket untuk belanja , pastikan untuk membuat catatan daftar belanja terlebih dahulu dan jangan lupa mengisi perut. Kenapa harus mengisi perut ? Karena kalau perut kita kosong pasti kita akan mengeluarkan kocek lebih untuk makan di restoran. Berputar –putar di mal biasanya membuat perut kita lapar kan hhhee…

4. Belanja saat diskon atau melalui online shop

Berbelanja saat diskon merupakan salah satu cara dimana kamu dapat membeli pakaian dengan model terbaru tanpa harus membayar dengan harga normal. Selain itu kamu juga dapat belanja melalui online shop. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat dalam berbelanja, karena tak perlu ongkos perjalanan dan kemungkinan tergoda membeli yang lain jika ke mall. Namun sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja melalui online shop, pastikan terlebih dahulu bahwa harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga ditoko dan jangan lupa menghitung harga barang yang ditawarkan dengan ongkos pengirimannya.

5. Bersenang-senang secara hemat

Apabila kamu pecinta film seperti saya hhhee, pasti kamu akan mengeluarkan uang dengan menonton film di bioskop. Salah satu cara agar kamu dapat menyisihkan uang  yaitu dengan menonton DVD di rumah. Selain sesekali menonton DVD di rumah, kamu juga bisa meminjam buku di perpustakaan tanpa harus membeli buku di toko buku. Dengan begitu kita dapat meminimalisir biaya dengan bersenang-senang secara hemat.

6. Jika bisa, buatalah sendiri

Di dekat rumah kalian ada coffe shop lalu agar tidak repot ketika kamu ingin minum kopi dengan cepatnya kamu membeli minuman di coffe shop tersebut. Padahal sebenarnya kamu bisa membuat kopi tersebut sendiri dengan biaya yang terbilang lebih murah. Hal yang seperti itu bisa menimbulkan pemborosan. Uang lebih yang kamu keluarkan seharusnya bisa disishkan untuk ditabung. Jadi selama kamu bisa membuat sendiri ,  buat apa membeli diluar.

Terkadang hal-hal kecil bisa menentukan a berhasil atau tidaknya kita dalam mengelola keuangan. Tapi dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan sedikit disiplinan diri, kita dapat menabung dan berhemat cukup banyak uang setiap tahunnya.

sumber:wolipop.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar